Beranda / Travel

Ini Dia 5 Kue yang Wajib Ada Saat Ramadan 

travel.terasjakarta.id - Minggu, 19 Maret 2023 | 18:35 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Jenis-jenis kue yang wajib ada di bulan Ramadan. (kuerenyah.com)

Jenis-jenis kue yang wajib ada di bulan Ramadan. (kuerenyah.com)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Menjelang datangnya Ramadan maka seleuruh umat muslim akan menjalankan ibadah puasa

Tek terkecuali Indonesia yang penduduknya mayoritas beragama muslim, tentu saja bulan ini akan ramai dan masyarakat akan berbondong-bondong meramaikan bulan yang penuh berkah ini.

Di Indonesia tradisi ngabuburit suadah menjadi suatu hal yang biasa dilakukan ketika sore hari saat bulan puasa, mereka akan mencari berbagai jenis takjil untuk teman berbuka puasa.

Takjil di Indonesia sendiri didefinisikan sebagai jenis makanan untuk berbuka puasa, namun dalam bahasa Arab berarti 'menyegarkan' yang sebenarnya adalah menyegarkan ketika berpuka puasa.

Baca Juga : Menu Makanan Berbuka Puasa Ramadan, Sederhana Tapi Kaya Nutrisi 

Banyak penjual juga menjajakan berbagai pilihan jenis takjil yang cocok untuk waktu berbuka puasa, mulai dari makanan yang gurih hingga makanan yang manis pun banyak dijual.

Seperti halnya dengan kue lebaran yang mempunyai menu kue wajib yang disajikan ketika hari raya idul fitri, kue wajib lainnya juga kerap dihidangkan saat buka puasa, ini dia rangkuman kue wajib yang ada ketika bulan Ramadan menurut terasjakarta.id

1. Kue Talam Udang/Ebi

Kue Talam Udang/Ebi (kuerenyah.com)

Kue Talam Udang/Ebi. (kuerenyah.com)

Kue talam udang merupakan makanan khas Betawi yang mempunyai bentuk kecil dan setengah bulat, biasanya kue ini sering dijumpai di deretan jajanan takjil lainnya ketika bulan Ramadhan.

Baca Juga : 5 Resep Makanan yang Cocok Buat Berbuka Puasa Ramadhan, Murah dan Mudah Cara Membuatnya

Bahan utama kue ini yaitu tepung beras dan santan kelapa dan disajikan dengan toping udang atau ebi, seledri, bawang goreng dan cabai iris diatasnya,

2. Kue Serabi

Kue Serabi (nativeindonesia)

Kue Serabi (nativeindonesia)

Umumnya orang di Indonesia akan berbuka puasa dengan yang manis-manis menurut sunnah, dan hidangan kue satu ini serabi satu ini menjadi pilihan yang tepat untuk jenis hidangan yang manis.

Bahan utama dari kue ini sama seperti hidangan kue talam udang, yakni tepung beras dan santan kelapa sebagai bahan utama serta toping tambahan lainnya seperti gula merah cair dan parutan kelapa.

Baca Juga : Ide Jualan saat Bulan Suci Ramadhan: Paling Laku Takjil

3. Kue Apem Jawa

Kue Apem Jawa. (Kristanti/Shutterstock)

Kue Apem Jawa. (Kristanti/Shutterstock)

Di Pulau Jawa kue ini menjadi jajanan tradisional yang selalu ada di acara-acara penting di Jawa, selain itu kue ini juga biasa disajikan untuk selamatan dalam rangka menyambut bulan Ramadan atau Magengan.

Bahan utama pembuatan kue apem ini yaitu tepung beras dan juga ragi, lalu dicetak menggunakan cetakan khusus setengah lingkaran.

Baca Juga : Resep Nasi Goreng Kampung, Cocok untuk Ide Menu Sarapan di Rumah

4. Kue Sus

Kue Sus. (Nurmalia Nurmalia/Shutterstock)

Kue Sus. (Nurmalia Nurmalia/Shutterstock)

Cemilan wajib buka puasa ini memiliki cita rasa yang enak dan juga lembut, kue sus juga menjadi pilihan favorite ketika Ramadan dan Idul Fitri, kue ini biasanya berisikan vla vanila, susu, ataupun coklat.

Bahan utama hidangan kue ini yaitu tepung terigu untuk dibuat sebagai pastry dan toping pelengkap lainnya yang akan diisi kedalam kue sus ini.

Baca Juga : 4 Tempat Buka Puasa Ramadan di Jakarta, Ajak Keluarga dan Sahabat

5. Kue Lapis Legit

Kue Lapis Legit. (Facebooklapislegitsanny)

Kue Lapis Legit. (Facebooklapislegitsanny)

Selanjutnya hidangan takjil wajib yang kerap hadir dalam acara berbuka puasa, tidak hanya menjadi menu wajib puasa hidangan ini juga menjadi menu andalan dikala acara-acara besar lainnya.

Bahan utama pembuatan kue ini adalah tepung terigu, santan kental, telur ayam, gula pasir dan pewarna makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link