Beranda / Travel

Cara Beli Tiket Konser yang Aman dan Terpercaya, Ini Tipsnya

travel.terasjakarta.id - Kamis, 11 Mei 2023 | 00:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
COLDPLAY, salah satu konser mancanegara yang tiketnya kini sedang dinantikan. (Foto: IG @pkentertainment.id)

COLDPLAY, salah satu konser mancanegara yang tiketnya kini sedang dinantikan. (Foto: IG @pkentertainment.id)

Penulis : Esil Yulinar
Editor : Esil Yulinar

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Setelah maraknya pengumuman konser mancanegara yang bakal tampil di Indonesia.

Tentunya tiket konser pun sudah jadi salah satu hal yang paling dicari dan ditunggu-tunggu.

Sementara itu setiap konser juga pastinya memiliki promotor yang punya sistem pada penjualan tiket yang sesuai pada ketersediaan sampai melayani lewat online.

Selain itu, pada saat dibukanya penjualan tiket para pecinta konser pun sangat memiliki antusias yang tinggi sehingga mereka bersedia mencarinya atau nge-war hingga mendapatkan tiket konser tersebut.

Baca Juga : aespa Resmi Gelar Konser Perdana di Indonesia 24 Juni 2023

Bahkan tingginya antusias pembelian tiket bikin sejumlah pencari tiket tidak kebagian mendapatkan ketika sudah lama menunggu melalui online.

Dengan demikian, para pencari tiket yang tidak kebagian tiket konser melalui online jangan khawatir lantaran masih ada beberapa cara alternatif yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tiket konser tersebut.

Seperti yang diketahui, cara alternatif pembelian tiket konser dapat dilakukan melalui perorangan yang pastinya juga membutuhkan verifikasi data identitas pembeli ketika tiket ditukarkan.

Baca Juga : Beredar Bocoran Seat Plan dan Harga Tiket Konser, Promotor Beri Pernyataan Resmi

Bukan hanya itu, cara alternatif lainnya juga dapat dilakukan melalui jasa titip (Jastip), yang artinya dapat melalui beberapa orang yang menawarkan jasa titipan pembelian tiket konser, tetapi melalui jastip tersebut tentunya akan dikenakan biaya tambahan.

Jika ingin melakukan transaksi pembelian tiket melalui perorangan pastinya juga harus memperhatikan beberapa hal agar tidak terkena kasus penipuan.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk membeli tiket konser yang aman terhindar dari penipuan online, baik di penjual perorangan ataupun melalui jasa titip (jastip).

Baca Juga : Jadwal Penjualan Tiket Konser Coldplay di Jakarta, Simak Cara Belinya!

Tips Beli Tiket Konser yang Aman di Penjual Perorangan

Tentunya bagi Anda yang ingin membeli tiket melalui penjual perorangan, Anda perlu perhatikan beberapa hal tersebut agar tiket yang dibeli aman dan terhindar dari penipuan, di antaranya:

1. Periksa keaslian tiket

Tentunya salah satu cara yang dapat dilakukan adalah memeriksa keaslian tiket, hal ini dilakukan guna untuk membantu terhindar dari penipuan.

Dalam hal tersebut, Anda perlu cari tahu seperti apa tiketnya.
Meskipun mungkin bakal sulit membedakan mana tiket palsu dengan tiket yang aslinya tetapi dapat dipastikan kembali dengan diperiksa melihat detailnya.

Contohnya seperti jangan beli tiket yang tidak detail mencantumkan kursi, baris, dan blok.

Selain itu, agar dapat lebih meyakinkan diri untuk mengkonfirmasi lebih lanjut terkait asli atau palsunya tiket, dapat menghubungi situs web acara ataupun box office.

Baca Juga : Tips Jitu Menang War Tiket Konser Coldplay di Jakarta

2. Hindari penawaran yang tampaknya

Dalam hal ini mungkin sering terjadi penipuan lantaran telihat jika ada seseorang yang menghubungi terlebih dahulu terkait menjual tiket, mempunyai harga yang terlalu bagus, dan mempunyai jumlah pengikut (followers) yg sangat rendah.

Pastinya pelaku penipuan sudah menjadikan target keputusasaan calon pembeli sebagai sasarannya sehingga pertimbangan beberapa hal lain, seperti kartu identitas penjual dan jaminan orang terdekat.

3. Jangan pernah mengirimkan uang

Untuk hal tersebut sebaiknya hindari untuk mengirimkan uang terlebih dahulu sebelum Anda sendiri belum menerima tiketnya lantaran dengan sesudah Anda mengirimkan uang, kecil kemungkinan untuk bisa mendapatkannya.

Lebih lanjut dapat dilihat juga bahwa penipuan dapat terjadi saat adanya tekanan dari penjual untuk mengirimkan uang kepadanya.

4. Jangan pernah memberikan informasi pribadi

Biasanya dalam hal ini tindak pelaku penipuan berupa meminta informasi pribadi.

Baca Juga : Coldplay Resmi Konser di Jakarta 15 November 2023, Cek Jadwal Penjualan Tiket

Tips Beli Tiket Konser yang Aman dari Jasa Titip (Jastip)

Ketika para calon pembeli tiket konser sangat memerrlukan tiket biasanya ada sejumlah orang yang beralih untuk menjual lagi laman webnya.

Namun tidak jauh berbeda membeli dari penjual perorang, jika Anda ingin beralih membeli tiket melalui jasa titip (jastip), Anda juga perlu perhatikan beberapa hal tersebut agar tiket yang dibeli aman dan terhindar dari penipuan, di antaranya:

1. Periksa apakah penjual memiliki umpan balik negatif

Situs web yang aman biasanya memiliki di balik alamatnya yang mana bisa bermanfaat ketika menghabiskan uang dalam jumlah besar.

2. Perhatikan harga tiket

Dapat dilakukan dengan memeriksa harga tiket, Anda dapat memastikan bahwa Anda mendapat kesepakatan yang adil. Cari tahu juga harga final tiket konser dengan ongkos kirim (biaya jasti) yang telah disepakati.

Baca Juga : Solois Bruno Major Konser di Jakarta, Intip Jadwal dan Harga Tiket

3. Mendapat tanda terima

Sebaiknya untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda meminta tanda terima untuk sebagai tanda bukti bahwa Anda membeli tiket tersebut.

Jadi, apabila tiket Anda hilang, dengan adanya tanda terima yang digunakan bisa membantu Anda samppai ke acara.

4. Minta testimoni

Sejumlah perantara pihak ketiga atau jastip punya pengalaman dalam membeli tiket konser secara online. Jadi pastikan mereka mempunyai sejumlah informasi dan riwayat jasa jual yang pernah mereka lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link