Beranda / Travel

Masjid Al Irsyad di Bandung Jadi Wisata Religi dengan Menawarkan Konsep Terbuka

travel.terasjakarta.id - Jumat, 22 Desember 2023 | 11:44 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Masjid Al Irsyad

Masjid Al Irsyad di Bandung jadi wisata religi. (Foto: Dok. Menparekraf)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Masjid Al Irsyad jadi tempat wisata religi terbaru yang berada di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung, Jawa Barat.

Masjid Al Irsyad tidak hanya menjadi tempat ibadah namun juga destinasi wisata religi di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat berkunjung ke Masjid Al Irsyad yang dibangun oleh mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Sandiaga Uno mengatakan masjid ini memiliki daya tarik dari segi arsitekturnya yan unik, kerena terlihat masjid ini tidak memiliki kubah.

Baca Juga : Masjid Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi Diresmikan, Terbuka untuk Umum mulai 14 Desember 2023

“Masjid Al Irsyad Ikon wisata religi di KBB ini didesain oleh sahabat kita kang Emil (Ridwan Kamil), dan uniknya masjid ini tidak ada kubahnya namun super keren dari segi desain dan kita bisa nikmati pengalaman yang unik, lain daripada yang lain saat salat di sini,” ujarnya.

Bangunan masjid ini dibentuk seperti kotak yang terinspirasi dari Masjidil Haram dan Ka'bah yang berbenntuk kotak.

Adapun keunikan lainnya dari bangunan ini yaitu dapat menampung hingga kapasitas 1.500 jemaah yang dapat dilihat dari dinding masjid yang dibuat dengan susunan bata bolong membentuk dua kalimat syahadat.

Baca Juga : Wali Kota Jakarta Timur Resmikan Rumah Tahfidz di Masjid Al-Muqqarabin Kelurahan Cipinang Melayu

Sadiaga Uno me nyampaikan pemandangan dari masjid ini sangat luar biasa, ditambah dengan kolam air yang beradada di depan imam sehingga menampilkan keasrian.

Arah kiblat masjid ini diciptakan dengan konsep terbuka dan menghadap ke pemandangan alam.

"Karena pemandangannya di sini luar biasa. Biasanya masjid-masjid itu tidak ada view-nya tertutup tembok semua, di sini depan tempat imam ada kaligrafi Allah di atas kolam air, view-nya terbuka, super keren,” ujarnya mengutip dari laman resmi Kemenparekraf.

Berkat Masjid Al Irsyad Ridwan Kamil Rai Penghargaan AIA Awards

Dengan bangunan Masjid Al Irsyad yang dirancang, Ridwan Kamil mendapatkan penghargaan dari Ikatan Arsitek Indonesia (AIA) Awards 2018 lalu.

Penghargaan tersebut diberikan kepada sejumlah tokoh yang berjasa dan memberikan sumbangan berarti pada dunia arsitektur Indonesia.

Diketahui, pembangunan Masjid Al Irsyad dimulai sejak 7 September 2009 lalu dan diresmikan pada 27 Agustus 2010 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link

Tags