Beranda / Travel

Tiket Kereta Mudik Lebaran H-2 Sudah Terjual 90 Persen, Keberangkatan Stasiun Gambir dan Senen

travel.terasjakarta.id - Jumat, 23 Februari 2024 | 16:01 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Tiket mudik lebaran

Tiket kereta mudik lebaran H-2 sudah terjual 90 persen. (foto: ist)

Penulis : Cahyono
Editor : Cahyono

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Tiket Mudik Lebaran Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) untuk keberangkatan hingga H-2 atau 8 April 2024 sudah terjual 90 persen.

Data tersebut tercatat pada Jumat, 23 Februari 2024.

Adapun tiket kereta mudik lebaran 2024 yang telah terjual tersebut untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Baca Juga : Tiket Kereta Mudik Lebaran untuk Keberangkatan H-10 Sudah Dijual di Jakarta, Buruan Pesan!

"Terdapat sejumlah tujuan favorit untuk KA yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta, diantaranya Yogyakarta, Kutoarjo, Purwokerto, Surabaya Pasar Turi, Semarang, Tegal, Kebumen dan Kroya," ucap Kepala Humas PT KAI Daop I Ixfan Hendriwintoko melalui keterangan tertulis.

Dikatakannya, banyaknya masyarakat yang membeli tiket kereta mudik lebaran jauh-jauh hari lantaran adanya layanan pembelian melalui aplikasi Access by KAI, dan web kai.id.

Dalam aplikasi tersebut PT KAI (Persero) menerapkan kebijakan pembelian tiket 45 hari sebelum jadwal keberangkatan KA (H-45).

Ixfan mengatakan, sampai saat ini untuk jadwal keberangkatan 8 hari pra lebaran yakni tanggal 31 Maret-8 April (H-10 sampai dengan H-2) terdapat ketersediaan tempat duduk sekitar 443.046 seat.

Baca Juga : Link dan Cara Beli Tiket Kereta Lebaran 2024, Dimulai Hari Ini!

Dari jumlah tersebut sekitar 62 ribu tiket diantaranya telah terjual.

Jumlah pemesanan tiket dan ketersediaan tempat duduk masih dapat berubah mengingat penjualan masih berlangsung dan masih ada program KA tambahan yang akan dijalankan.

Dari data pemesanan tiket untuk masa angkutan pra lebaran, mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan H-5 sampai dengan H-1 atau tanggal 5-9 April.

Sehingga okupansi di beberapa KA pada tanggal tersebut ada yang sudah mencapai 90 persen per KA untuk keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Baca Juga : Serbu! Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Bisa Dibeli Mulai Besok 15 Februari 2024

Secara keseluruhan ketersediaan tempat duduk untuk pemberangkatan pra lebaran yakni tanggal 31 Maret-9 April masih cukup tersedia.
Masyarakat dapat menyesuaikan kembali pilihan tanggal dan jam keberangkatan jika ketersediaan tiket pada jadwal favorit seperti H-5 sampai dengan H-2 sudah terjual.

Ixfan berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan.

Sebab tiket kereta sudah dapat dipesan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih.

Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi Access by KAI, yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS.

Baca Juga : Promo! Beli Tiket Kereta Cepat Whoosh Gratis Masuk Tempat Wisata Dekat Stasiun, Cek Daftarnya

Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi Access by KAI juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket.

Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link