Beranda / Travel

KEREN! Wae Rebo di Flores NTT Jadi Desa Tercantik ke-2 di Dunia, Ini Fakta Uniknya

travel.terasjakarta.id - Rabu, 20 Maret 2024 | 10:25 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Wae Rebo di NTT jadi desa tercantik ke-2 di dunia

Wae Rebo di NTT jadi desa tercantik ke-2 di dunia. (Foto: Wonderful Indonesia)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Wow! Wae Rebo di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi desa tercantik dan terindah urutan ke-2 di dunia.

Wae Rebo dinobatkan menjadi salah satu desa tercantik di dunia versi Spectator Index 2024, desa yang berada di Indonesia ini menempati urutan ke dua setelah Rothenburg ob der Tauber di Jerman.

Sebelumnya, desa ini dikenal dunia sebagai salah satu destinasi wisata yang mempunyai rumah adat dana alam yang sangat indah.

Baca Juga : KEREN! Bromo Masuk Urutan 3 Taman Nasional Terindah di Dunia 2023

Wae Rebo terletak di ketinggian 1200 mdpl dan berada di lembah puncak bukit, tepatnya Desa Wisata Satar Lenda, Kecamatan Satarmese Barat, Kapubaten Manggarai, Pulai Flores, Nusa Tenggara Timur.

Desa Wae Rebo juga terkenal dengan tujuh bangunan rumah adat khas Manggarai yang disebut Mbaru Niang.

Rumah adat tersebut memiliki arsitektur yang unik dan bergaya khas, di mana atapnya berbentuk kerucut dan  dilapisi ilalang.

Wae Rebo juga telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya pada tahun 2012, UNESCO menyebut tempat ini merupakan Asia Pasific Heritage Award dan menyandang predikat sebagai TOP Award of Excellence.

Baca Juga : 5 Destinasi Wisata Curug Terdekat dari Jakarta, Cocok untuk Pergi Liburan bersama Teman

Berikut kumpulan fakta unik Wae Rebo yang kini menyandang status desa tercantik di dunia.

5 Fakta Unik Desa Wae Rebo di NTT

1. Menjadi Salah Satu Desa Tertinggi di Indonesia

Berada di ketinggian 1.200 meter dari permukaaan laut, desa Wae Rebo ini disebut desa tertinggi di Indonesia, maka tak heran desa ini akan sering di selimuti kabut setiap harinya.

Karena terletak di ketinggian, desa Wae Rebo amat sejuk dan juga dingin, pemandangan alam di tempat ini pun sudah tidak usah diragukan lagi hamparan pegunungan dan perbukitan menghiasi sekeliling desa ini.

2. Terdapat Tujuh Rumah Adat

Fakta unik di desa ini hanya terdapat 7 bangunan rumah adat yang dikenal dengan nama Mbaru Niang, masing-masing rumah hanya ditempati enam sampai delapan keluarga.

Rumah adat Mbaru Niang memiliki struktur bangunan yang mirip seperti kerucut, rumah adat ini juga hanya tertutup dengan daun lontar yang dipilih sebagai atap yang mengelilingi bangunan.

Jika ada wisatawan yang datang berkunjung akan disambut dengan satu rumah adat yang khusus diperuntukan untuk tamu, tidak hanya itu saja, wisatawan juga akan disuguhkan kopi flores yang sudah terkenal cita rasanya.

3. Upacara Perayaan Khusus

Masyarakat di desa Wae Rabo menjunjung tinggi adat dengan masih menjalankan upacara khusus yaitu upacara adat penti.

Upacara penti biasa dilakukan warga desa pada bulan November dengan tujuan untuk mengucap rasa syukur dari penduduk desa karena telah diberikan hasil panen yang melimpah.

Masyarakat Wae Rebo juga mengharapkan agar diberi perlindungan serta keharmonisan disaat perayaan.

4. Memiliki Compang

Tujuh rumah yang ada di desa ini dibangun dengan mengelilingi compang atau altar yang menjadi pusat dari tujuh bangunan, altar ini berfungsi untuk tempat menyembah Tuhan serta roh para leluhur.

5. Negeri di Atas Awan

Wae Rebo dijuluki sebagai 'Negeri di Atas Awan' lantaran saat pagi dan sore hari tertutup dengan kabut.

Hal ini karena faktor kampung tradisional Wae Rebo yang berada di ketinggian 1.200 mdpl.

Sehingga, saat pagi dan sore desa ini akan tertutup oleh kabun, namun wisatawan masih dapat melihat aktivitas masyarakat yang tengah berjemur untuk menikmati sinar matahari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link