Beranda / Travel

Indonesia Fashion Week 2024 di JCC Resmi Digelar, Usung Budaya Betawi dalam Seni dan Kontemporer

travel.terasjakarta.id - Rabu, 27 Maret 2024 | 18:56 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Indonesia Fashion Week 2024

Indonesia Fashion Week 2024 di JCC resmi digelar mulai 27-31 Maret 2024 dengan mengusung budaya Betawi dalam seni dan kontemporer. (Foto: Terasjakarta.id)

Penulis : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Event Indonesia Fashion Week 2024 di Plenary Hal Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat resmi digelar.

Pekan mode terbesar di Indonesia, yakni Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 diselenggarakan selama lima hari mulai 27-31 Maret 2024.

Indonesia Fashion Week 2024 yang diinisiasi oleh Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dan berkolaborasi bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengusung tema "Langgam Jakarta Teranyam".

Baca Juga : Rundown Indonesia Fashion Week di JCC 27-31 Maret 2024, Banyak Pertunjukan Menarik

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan tema yang diambil merupakan bentuk apresiasi terhadap kekayaan budaya Betawi dengan menangkap esensi persatuan serta kebinekaan melalui kacamata mode.

"Esensi dan kebinekaan itu digambarkan oleh perpaduan tradisi Melayu, Tiongkok, Arab, dan Eropa," kata Andhika dalam acara pembukaan Indonesia Fashion Week 2024 di JCC, Rabu, 27 Maret 2024.

Ini juga bisa meningkatkan citra wastra Betawi untuk dapat diolah menjadi semakin kreatif dan mendunia tanpa meninggalkan filosofi yang melatarbelakanginya.

Baca Juga : Event Indonesia Fashion Week 2024 di JCC 27-31 Maret, Harga Tiket Cuma Rp25 Ribu

Selain itu, tema ini diusung agar bisa memberikan nilai tambah pada hasil produk kreatif.

Sementara itu, Ketua Umum APPMI, Poppy Dharsono  mengatakan tema ini mengangkat keberagaman budaya Betawi dalam pesona seni dan mode kontemporer.

Sejalan dengan tujuan APPMI dalam menggelar event Indonesia Fashion Week setiap tahunnya, yakni memberi ruang sebesar-besarnya bagi wastra Nusantara untuk eksis di Indonesia dan di mata dunia.

"Kami ingin membawa wastra Nusantara naik level. Jadi, apa yang sedang tren di dunia kami amati, kemudian dimodifikasi dengan memberikan sentuhan wastra Nusantara sebagai warisan Indonesia," tutur Poppy.

Menurutnya, penyelenggaraan IFW 2024 bukan hanya sekadar pameran, melainkan perayaan kreativitas dari kerainan hingga produk fesyen.

Dengan demikian, event Indonesia Fashion Week 2024 menjadi media platform untuk promosi, branding, hingga membuka peluang jaringan.

Selama lima hari penyelenggaraan, Indonesia Fashion Week 2024 di JCC ini dimeriahkan oleh 300 desainer yang siap menampilkan koleksi terbaru mereka di runway.

Tak hanya itu, sebanyak 400 eksibitor, 18 fashion show, trunk show, dan juga talkshow.

Ada banyak busana fashion yang dipamerkan mulai dari batik, songket, busana muslim, perhiasan emas, tas, produk kecantikan, sepatu, dan lainnya.

Lebih lanjut, fesyen sendiri menjadi salah satu industri yang menyokong subsektor ekonomi kreatif di Indonesia.

Menteri Pariwista dan Ekonom Kreatif (RI) Menparekraf, Sandiaga Uno menelaskan bahwa kontribusi fesyen di Indonesia adalah 17,6 persen dari total nilai tambah ekonomi kreatif terhadap perekonomian, yakni Rp225 triliun.

Dalam sambutannya, Sandiaga pun memuji IFW tahun ini mengangkat budaya Betawi.

"Saya sangat mengapresiasi IFW yang selalu mengangkat keindahan wastra nusantara. Hari ini batik Gobang dan Betawi menjadi temanya," ujar Sandiaga.

"Saya sendiri memakai produk ecoprint batik yang saya beli di desa wisata," sambungnya.

Maka dari itu, jangan lewatkan keseruan dari seluruh rangkaian event Indonesia Fashion Week 2024 di JCC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link