Beranda / Travel

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Jalur Mudik Pantura

travel.terasjakarta.id - Kamis, 20 April 2023 | 22:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Rekomendasi tempat wisata di jalur mudik Pantura. (freepik/tawatchai07)

Rekomendasi tempat wisata di jalur mudik Pantura. (freepik/tawatchai07)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Libur panjang di hari raya Idul Fitri membuat banyak masyarakat di Indonesia memilih untuk pergi mudik Lebaran.

Mudik lebaran sendiri sudah menjadi tradisi yang sering dilakukan masyarakat Indonesia, banyak diantara mereka selama pernajalan mudik melawati destinasi-destinasi wisata yang ada di sepanjang jalur mudik.

Salah satunya di jalur mudik Pantai Utara atau Pantura, di jalur ini banyak sekali destinasi yang cocok untuk tempat berlibur. 

Jalur Pantura merupakan jalur penghubung antar daerah di Jawa barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, sudah tidak salah lagi jika di jalur mudik ini terdapat banyak tempat-tempat wisata.

Baca Juga : F1 Singapore Grand Prix 2023 Bakal Tampilkan Penyanyi dari Label Musik 88rising

Momen libur panjang ini, juga perlu dimanfaatkan untuk berlibur ke tempat wisata, dengan begitu akan terasa kurang pas jika tidak menikmati momen seperti ini.

Berikut rekomendasi destinasi wisata di Pantura yang wajib dikunjungi.

1. Cagar Alam Pengandaran

Cagar Alam Pengandaran. (Dok. Pangandaran Tourism)

Wisata cagar alam Pengandaran terkenal dengan keasrian dan keindahannya . (Dok. Pangandaran Tourism)

Cagar Alam Pangandaran terletak di Pangandaran, Jawa Barat. Tempat ini terkenal dengan pantainya yang indah dan satwa liar yang dilindungi seperti kera ekor panjang, lutung, dan banteng. 

Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang asri dan menenangkan serta dapat berwisata edukasi dengan belajar tentang jenis-jenis satwa liar yang dilindungi di Indonesia.

Baca Juga : Dipilih jadi Tuan Rumah KTT ASEAN Summit, Ini Keistimewaan Labuan Bajo

2. Pantai Anyer

Pantai Anyer. (Dok. Pemprov Banten)

Pantai Anyer cocok untuk tempat melihat bentang alam keindahan pantai pesisir Utara. (Dok. Pemprov Banten)

Pantai Anyer yang terletak di daerah Banten merupakan akses jalur yang sering dialalui pemudik, pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan ombaknya yang cocok untuk berselancar.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan Gunung Krakatau dari kejauhan. Pantai Anyer juga merupakan tempat sejarah karena di sini terdapat Mercusuar Anyer, sebuah mercusuar yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda.

Baca Juga : Rekomendasi Ramen di Jakarta, Wajib Dicoba

3. Candi Tikus Mojokerto

Candi Tikus Mojokerto. (Dok. Mojokerto Foto)

Candi tikus Mojokerto merupak tempat yang cocok untuk wisata edukasi. (Dok. Mojokerto Foto)

Candi Tikus Mojokerto merupakan sebuah bangunancandi milik peninggalan Kerajaan Majapahit yang berada di kawasan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Tiimur.

Bangunan candi ini salah satu peninggalan sejarah yang mencerminkan kejaayaan pada masa tersebut di abad ke-14. Tempat ini cocok untuk wisata edukasi bersama keluarga di jalur mudik Pantura.

Baca Juga : Jepang Segara Punya Kasino Legal Petama Tahun 2029

4. Lawang Sewu

Lawang Sewu. (Dok. Kemenparekraf)

Lawang Sewu merupakan destinasi wisata populer di Semarang. (Dok. Kemenparekraf)

Lawang Sewu adalah bangunan bersejarah di Kota Semarang Jawa Tengah, destinasi wisata ini merupakan tempat yang populer di Semarang.

Pengunjung dapat menikmati luasnya bangunan ini dan menikmati keindahan struktur bangunan serta arsitekturnya yang unik, desain interior yang ditampilkan pada bangunan ini bergaya kental Belanda.

Baca Juga : 5 Destinasi Wisata yang Dijadikan Lokasi Syuting Drama Korea Populer

5. Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu. (Dok. Pemprov Jawa Barat)

Pantai Pelabuhan Ratu terkenal dengan keindahan alam yang memukau dari air laut yang bersih dan jernih. (Dok. Pemprov Jawa Barat)

Pantai Pelabuhan Ratu terletak di Sukabumi, Jawa Barat, pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, air laut yang biru jernih, dan ombaknya yang tinggi. 

Pengunjung bisa menikmati suasana yang tenang dan jauh dari keramaian, tempat healing seperti ini mampu membuat otang-orang merasa lebih rileks.

Selain itu, Pantai Pelabuhan Ratu juga terkenal dengan mitosnya tentang Nyai Roro Kidul yang dipercaya sebagai ratu laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link