Beranda / Travel

Kemeriahan Festival Balon Udara Wonosobo, Jadi Acara Tahunan Desa Kembaran

travel.terasjakarta.id - Senin, 24 April 2023 | 22:30 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Kemeriahan Festival Balon Udara di Wonosobo. (Instagram/@yogyajateng)

Kemeriahan Festival Balon Udara di Wonosobo. (Instagram/@yogyajateng)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Puluhan balon udara warna-warni menghiasi langit di Desa Kembaran, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo pada pagi hari Minggu, 23 April 2023.

Festival balon yang digelar merupakan rangkaian acara tahunan Desa Kembaran, kali ini acara balon udara tersebut diberi tema Kembaran Ballon Culture Festival (KBCF) 2023.

Festival ini menjadi tradisi turun temuru oleh masyarakat Desa Kembaran dalam rangka memeriahkan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Baca Juga : Monas Week Tampilkan Atraksi Video Mapping untuk Hibur Masyarakat di Libur Lebaran 2023

Dalam acara ini, Desa Kembaran menghadirkan puluhan balon udara dengan motif warna-warni di Kembaran Ballon Culture Festival (KBCF) 2023.

Masyarakat sangat antusias menyaksikan gelaran ini, bahkan warga dari luar daerah pun sengaja datang ke acara KBCF 2023 untuk menyaksikan indahnya balon udara yang mengihasi langi-langit di Wonosobo.

Para peserta festival ini juga datang dari berbagai daerah termasuk wisatawan internasional dan wisatawan lokal.

Baca Juga : Pemandangan Memukau Gunung Wonosobo Jadi Latar Belakang Salat Idul Fitri

Acara ini sangat dinanti natikan oleh para wisatawan, karena bertepatan masa libur Lebaran, sehingga masyarakat tidak ingin melewatkan festival yang diadakan satu tahun sekali itu.

Masyarakat juga dapat menyaksikan proses penerbangan balon udara secara langsung di langit dengan latar belakang keindahan pemandangan alam pegunungan Wonosobo.

Balon udara ini akan diterbangkan tidak menggunakan sumbu yang menyala, melainkan dengan asap yang berasal dari pembakaran serabut kelapa ataupun jerami.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Jakarta yang Buka di Hari Lebaran 2023

Dengan begitu, balon udara tidak membawa api ke atas langit yang dapat membahayakan penerbangan pesawat.

Festival ini juga tak hanya menampilkan atraksi balon udara, namun juga wisatawan yang berkunjung dapat menikmati pameran, bazaar, serta beragam kuliner khas Wonosobo yang disajikan.

Festival balon udara Wonosobo menjadi sebagai wadah promosi pariwisata dan ekonomi lokal, selainitu hal ini juga berdampak pada sektor indutri pariwisata yang turut berkembang.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Jalur Mudik Pantura

Gelaran ini sangat cocok untuk diabadikan keindahanya oleh para fotografer, mereka dapat memotret landscape keindahan balon dengan kombinasi warna-warni di langit Wonosobo yang biru.

Kembaran Ballon Culture Festival (KBCF) berlangsung mulai dari tanggal 23-16 April 2023 di Stadion Ronggolawe, Desa Kembaran, Wonososbo  dan setiap harinya festival ini dimuali pukul 06.00 WIB hingga acara selesai.

Untuk menyaksikan gelaran ini, pengunjung akan dikenakan taris sebesar Rp5.000 per orangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link