Beranda / Travel

Keunikan Labuan Bajo yang Menarik, Tidak Menerima Pecahan Uang Receh

travel.terasjakarta.id - Minggu, 4 Juni 2023 | 01:30 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Keunikan Labuan Bajo. (ist)

Keunikan Labuan Bajo. (ist)

Penulis : Esil Yulinar
Editor : Esil Yulinar

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Belakangan ini Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia yang semakin populer.

Labuan Bajo merupakan tempat tersembunyi yang ada di Indonesia bagian Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berbatas dengan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Wisata alam yang disuguhkan Labuan Bajo tidak akan pernah buat wisatawan melupakan keindahannnya.

Baca Juga : Intip Harga Tiket Pesawat Labuan Bajo dari Jakarta, Ada Tempat Wisatanya

Lantaran Labuan Bajo memiliki banyak keunikan yang membuatnya menjadi sorotan.

Keunikan Labuan Bajo

Berikut ini adalah beberapa keunikan Labuan Bajo yang menarik untuk diketahui setelah dirangkum terasjakarta.id dari berbagai sumber.

Baca Juga : Langka! Ada Fenomena Embun Salju di Kawasan Gunung Bromo

1. Alam Bawah Laut yang Indah

Alam bawah laut yang sangat indah menjadi keunikan Labuan Bajo.

Labuan Bajo memiliki keanekaragaman biota laut yang kaya, mennjadikan kawasan ini tempat yang populer untuk snorkeling dan diving.

Tempat Menyelam unggulan lainnya yang sering dikunjungi oleh para penyelam ialah Castle Rock, Ratu Bolong, dan Crystal Rock. Namun untuk mencapai tempat ini wisatawan harus menggunakan perahu.

Tempat-tempat ini biasanya Tidak terlalu jauh untuk diangkut dengan kapal.

Usai menikmati keindahan bawah laut, wisatawan bisa lebih jauh menjelajahi pulau-pulau di sekitarnya yang tidak kalah indah.

Baca Juga : Melongok Bakmi Pak Pele, Warung Makan di Yogyakarta yang Diborong Presiden Jokowi

2. Tidak Menerima Pecahan Uang Receh

Diketahui rupanya transaksi ekonomi di pulau ini tidak menerima penggunaan uang receh. Hal ini menjadi salah satu keunikan Labuan Bajo.

Umumnya penjual yang berjualan di kawasan Labuan Bajon akan menolak jika pembeli memberikan uang kembalian.

Selain itu diketahui bahwa selain pedagang kali lima, warung kuliner bahkan supermarket ikut menolak membayar dengan koin.

Baca Juga : Daftar Harga Tiket Konser ONE OK ROCK di Jakarta Dijual 10 Juni Mulai Rp1,2 Juta

Oleh karena itu, jika Anda berencana pergi ke sana, jangan gunakan koin sebagai pembayaran.
Maka untuk menghindarinya, Anda bisa menukar mata uang yang Anda terima sebelum berangkat ke Labuan Bajo.

3. Dijuluki Kota Seribu Sunset

Labuan Bajo juga dikenal sebagai "Kota Seribu Sunset".

Kota Seribu Sunset merupakan julukan yang menggarisbawahi keunikan Labuan Bajo, lantaran kawasan ini menghadap langsung ke barat, tempat matahari terbenam setiap hari.

Karena pemandangan sunset di Labuan Bajo tidak ada duanya, ini menjadi tujuan bagi pemburu matahari terbenam dan fotografer profesional.

Baca Juga : ENHYPEN Bakal Gelar Tur Dunia FATE Juli 2023

Rekomendasi Tempat Wisata Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Di sisi lain, wisata alam yang disuguhkan Labuan Bajo tidak akan pernah buat wisatawan melupakan keindahannnya.

Berikut ini adalah tempat wisata di Labuan Bajo yang wajib dikunjungi.

1. Pulau Komodo

Pulau Koomodo yang menjadi salah satu warisan dunia merupakan tempat habitat asli hewan asal Indonesia yaitu Komodo, wisatawan yang datang ke Labuan Bajo pastinya akan mengunjungi pulau ini, karena pulau ini termasuk destinasi wisata rekomendasi di pulau jutaan sunset ini.

2. Pulau Rinca

Pulau Rinca juga menjadi pulau gugusan hewan reptil terbesar di duni, Komodo dengan populasi hewan ini sekitar 1500-an dan akan lebih mudah untuk menemui hewan ini di Pulau Rinca.

Tidak hanya itu saja pulau ini juga menawarkan banyak aktivitas ke wisatawan salah satunya tracking, selama lakukan tracking wisatawan ditemani dengan pemandangan hamparan laut biru yanag indah dan deretan perbukitan yang juga indah.

Baca Juga : Kereta Panoramic Bakal Beroperasi Tiap Hari, Cek Jadwal dan Tarifnya

3. Pulau Padar

Pulau ketiga terbesar di Taman Nasional Komodo ini memebrikan pemandangan pantai dan bukit yang sangat indah, pulau ini juga memiliki hamparan pantai berpasir pink atau pink beach lokasi ini juga cocok untuk lakukan snorkling atau sekedar berenang. Laut disekitar pulau ini juga jadi pilihan tempat yang baik untuk aktivitas air.

4. Gili Lawa Darat

Gili Lawa mempunyai ladscape yang sangat sangat indah dan memukau wisatawan, Gili Lawa berhadapan langsung dengan laut Flores.

Pemandangan Gili Lawa ini akan sangat sempurna jika dilihat dari puncak bukitnya, tempat ini memiliki pemandangan bukit-bukit yang indah, hamparan rumput yang telah menguning, dan birunya langit seperti sebuah lukisan, ini juga merupakan tempat terbaik untuk melihat sunset dan sunrise.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Tempat Liburan di Jakarta Murah dan Terbaik 2023

5. Wae Rebo

Destinasi wisata selanjutnya yaitu Desa Wae Rebo, desa yang telah menarik perhatian mata dunia ini mempunyai beragam keunikan dan keindahan.

UNESCO meyebutkan desa ini merupakan Asia Pacific Heritage Award dan menyandang predikat sebagai Top Award of Excellence, desa yang memiliki arsitektur yang unik ini masih sangat terjaga nilai budayanya desa ini juga masih menjalankan banyak tradisi yang telah diturunkan oleh nenek moyang atau leluhurnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link